Teknologi Informasi | Bahasa Program | Tips dan Trik

20 February 2014

Tentang OpenGL

OpenGL(Open Graphic Library) adalah sebuah library terdiri dari berbagai macam fungsi dan biasanya digunakan untuk menggambar sebuah objek 2D ata 3D.
Selain OpenGL ada juga Graphic Library lainnya, yaitu directX (microsoft) memiliki fungsi yang hampir sama, namun DirectX lebih banyak digunakan oleh sebagian besar game developer karena beberapa fungsi DirectX nampaknya lebih memudahkan game developer untuk membuat game.
OpenGL biasanya digunakan dengan bahasa pemrograman C/C++, tapi bisa juga menggunakan java.
OpenGL merupakan sebuah library untuk pemrograman grafik (Graphics Programming / GP). Dasar untuk mempelajari GP adalah terletak pada fungsi matematikanya, terutama operasi matriks. Pada GP yang perlu dipelajari adalah mengenai shading, shape, transform (rotate, translation, scala).
OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah cross-bahasa, cross-platform API untuk menulis aplikasi yang menghasilkan komputer 2D dan 3D grafis. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang kompleks adegan-adegan dari primitif sederhana. OpenGL dikembangkan oleh Silicon Graphics Inc (SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD, virtual reality, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi nirlaba konsorsium, yang Khronos Group.

0 komentar:

Post a Comment

free counters

 
Home | About | Sitemap | Privacy Policy | Contact Us | DMCA