OpenGL(Open Graphic Library) adalah sebuah library terdiri dari
berbagai macam fungsi dan biasanya digunakan untuk menggambar sebuah
objek 2D ata 3D.
Selain OpenGL ada juga Graphic Library lainnya,
yaitu directX (microsoft) memiliki fungsi yang hampir sama, namun
DirectX lebih banyak digunakan oleh sebagian besar game developer
karena beberapa fungsi DirectX nampaknya lebih memudahkan game
developer untuk membuat game.
OpenGL biasanya digunakan dengan bahasa pemrograman C/C++, tapi bisa juga menggunakan java.
OpenGL
merupakan sebuah library untuk pemrograman grafik (Graphics
Programming / GP). Dasar untuk mempelajari GP adalah terletak pada
fungsi matematikanya, terutama operasi matriks. Pada GP yang perlu
dipelajari adalah mengenai shading, shape, transform (rotate,
translation, scala).
OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah cross-bahasa, cross-platform API untuk menulis aplikasi yang menghasilkan komputer 2D dan 3D
grafis. Antarmuka terdiri dari lebih dari 250 panggilan fungsi yang
berbeda yang dapat digunakan untuk menggambar tiga dimensi yang
kompleks adegan-adegan dari primitif sederhana. OpenGL dikembangkan
oleh Silicon Graphics Inc
(SGI) pada tahun 1992 [2] dan secara luas digunakan dalam CAD, virtual
reality, visualisasi ilmiah, visualisasi informasi, dan simulasi
penerbangan. Hal ini juga digunakan dalam video game, di mana bersaing
dengan Direct3D on Microsoft Windows platform (lihat vs OpenGL
Direct3D). OpenGL dikelola oleh sebuah teknologi nirlaba konsorsium,
yang Khronos Group.
20 February 2014
Tentang OpenGL
Thursday, February 20, 2014
Julius Betanto Apristandi
No comments
0 komentar:
Post a Comment