Teknologi Informasi | Bahasa Program | Tips dan Trik

11 March 2014

Tips komputer bisa lebih awet

Tips komputer bisa lebih awet. Computer tahan lebih lama alias awet tentunya akan menghemat uang anda karena tidak peru membeli yang baru untuk menggantikan yang lama. Spek computer berbeda-beda, dan setiap parameter spek pastinya juga akan ikut menentukan selama apa computer anda bisa bertahan. Selain itu, factor pemicu lainnya adalah dihitung berdasarkan tingkat pemakaian anda rata-rata per hari.
Computer sebenarnya bisa lebih awet meskipun dengan spek yang sederhana, asalkan anda bisa mengontrol penggunaan dan bisa mempergunakannya secara teratur. Tidak sedikit dari pengguna yang biasanya asal-asalan saja dalam menggunakan komputernya sehingga computer relative lebih mudah mengalami kerusakan tertentu secara lebih cepat, seperti hardisk rusak, dsb.
Agar anda tidak menghambur-hamburkan uang untuk membeli dan membeli, maka sudah sepantasnya anda lebih teratur dalam menggunakan computer anda. Penggunaan yang terkontrol akan membuat computer anda bisa tahan labih lama. Bagaimana caranya agar computer anda bisa lebih awet meski dengan spek standar? Berikut beberapa tips lifetime computer lebih baik.
Perhatikan software/aplikasi yang anda instal dikomputer. Usahakan tidak ada aplikasi/software tertentu yang bermasalah dengan ketidaksempurnaan saat anda menginstal aplikasi/software tersebut.
Batasi pemakaian computer. Sesuaikan dengan spek computer anda. Untuk computer dengan spek standar usahakan anda memakainya  tidak lebih dari 4 jam/hari.
Rajin perikasa CPU (Control Processing Unit). Bersihkan dari debu yang menempel pada komponen dalam CPU. Bersihkan RAM (Random Access Memory), fan (kipas), dll.
Jangan meletakkan hardisk dalam posisi yang kurang baik. Hardisk tidak boleh goyang, karena akan merusak hardsik tersebut.
Lakukan instalasi hardisk secara terjadwal untuk membuat sytem oerasi anda dalam kondisi fresh. Anda bisa menjadwalkan instalasi ulang OS per 3-4 bulan sekali.
Jika lisitrik sering mati, gunakan stavolt. Stavolt berfungsi untuk melindungi potensi kerusakan computer yang disebabkan oleh padamnya aliran alektrik secara tiba-tiba tanpa melalui proses shut down.
Perhatikan temperature CPU saat anda menggunakan computer. Jika suhu CPU terlalu panas, maka sebaiknya anda matikan computer. 
 
Sumber : meteorika.com

0 komentar:

Post a Comment

free counters

 
Home | About | Sitemap | Privacy Policy | Contact Us | DMCA