Teknologi Informasi | Bahasa Program | Tips dan Trik

17 February 2014

Bahasa Pemrograman Phyton



Python adalah bahasa pemrograman dinamis yang mendukung pemrograman berorientasi obyek. Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang sangat powerfull dan mudah untuk dipelajari. Python memiliki struktur data tingkat tinggi yang sangat efisien dan sederhana tapi efektif untuk penerapan pemrograman berorientasi objek. python seringkali digunakan sebagai bahasa skrip dengan interpreter yang teintergrasi dalam sistem operasi. Python memiliki syntax dan type data dinamis yang elegan hingga membuatnya menjadi bahasa yang sangat ideal untuk scripting dan pengembangan aplikasi diberbagai bidang dan flatform system operasi.

Saat ini kode python dapat dijalankan pada sistem berbasis:

Python didistribusikan dengan beberapa lisensi yang berbeda dari beberapa versi. Lihat sejarahnya di Python Copyright. Namun pada prinsipnya Python dapat diperoleh dan dipergunakan secara bebas, bahkan untuk kepentingan komersial. Lisensi Python tidak bertentangan baik menurut definisi Open Source maupun General Public License (GPL) Python dikembangkan oleh Guido van Rossum pada tahun 1990 di CWI, Amsterdam sebagai kelanjutan dari bahasa pemrograman ABC. Versi terakhir yang dikeluarkan CWI adalah 1.2.

Tahun 1995, Guido pindah ke CNRI sambil terus melanjutkan pengembangan Python. Versi terakhir yang dikeluarkan adalah 1.6. Tahun 2000, Guido dan para pengembang inti Python pindah ke BeOpen.com yang merupakan sebuah perusahaan komersial dan membentuk BeOpen PythonLabs. Python 2.0 dikeluarkan oleh BeOpen. Setelah mengeluarkan Python 2.0, Guido dan beberapa anggota tim PythonLabs pindah ke DigitalCreations. Saat ini pengembangan Python terus dilakukan oleh sekumpulan pemrogram yang dikoordinir Guido dan Python Software Foundation. Python Software Foundation adalah sebuah organisasi non-profit yang dibentuk sebagai pemegang hak cipta intelektual Python sejak versi 2.1 dan dengan demikian mencegah Python dimiliki oleh perusahaan komersial. Saat ini distribusi Python sudah mencapai versi 2.6.1 dan versi 3.0.

Nama Python dipilih oleh Guido sebagai nama bahasa ciptaannya karena kecintaan guido pada acara televisi Monty Python's Flying Circus. Oleh karena itu seringkali ungkapan-ungkapan khas dari acara tersebut seringkali muncul dalam korespondensi antar pengguna Python.


Beberapa fitur yang dimiliki Python adalah:

  • memiliki kepustakaan yang luas; dalam distribusi Python telah disediakan modul-modul 'siap pakai' untuk berbagai keperluan.
  • memiliki tata bahasa yang jernih dan mudah dipelajari.
  • memiliki aturan layout kode sumber yang memudahkan pengecekan, pembacaan kembali dan penulisan ulang kode sumber.
  • berorientasi obyek.
  • memiliki sistem pengelolaan memori otomatis (garbage collection, seperti java)
  • modular, mudah dikembangkan dengan menciptakan modul-modul baru; modul-modul tersebut dapat dibangun dengan bahasa Python maupun C/C++.
  • memiliki fasilitas pengumpulan sampah otomatis, seperti halnya pada bahasa pemrograman Java, python memiliki fasilitas pengaturan penggunaan ingatan komputer sehingga para pemrogram tidak perlu melakukan pengaturan ingatan komputer secara langsung.
Aplikasi populer yang dibuat dengan Python : 
1. BitTorrent
sebuah program peer-to-peer untuk melakukan upload/download file melalui protokol BitTorrent. Awalnya, BitTorrent ditulis dengan Python dan merupakan software gratis. Tetapi, sejak versi 6.0 ke atas, BitTorrent ditulis dengan menggunakan C++ dan merupakan software proprietary.

2. Yum
Sebuah utiliti RPM manajemen paket berbasis command line yang dikenal pada sistem operasi Linux.

3. Plone.
Merupakan salah satu Content Management System (CMS) yang memiliki tingkat security yang sangat baik dan memiliki berbagai fitur yang menarik.

4. Game ini menggunakan Python untuk melakukan berbagai fungsi, seperti menghasilkan peta, event, dan berbagai interface pada game tersebut.

Dan masih banyak lagi contoh lainnya. Python tidak terbatas untuk pembuatan aplikasi tertentu. Selain contoh-contoh aplikasi populer diatas, berbagai aplikasi seperti instant messaging, database, media player, web framework, dan lainnya, juga dapat dihasilkan oleh bahasa pemrograman Python.

Sumber : http://id.wikipedia.org

0 komentar:

Post a Comment

free counters

 
Home | About | Sitemap | Privacy Policy | Contact Us | DMCA